Avatar Korra: The Legend Returns

Setelah berhasil mengalahkan Raja Api Ozai dan mengakhiri perang dunia, Avatar Aang membangun peradaban dunia dalam kedamaian. Wilayah koloni negara api berubah menjadi sebuah kota persatuan, Republic City, di mana pengendali keempat elemen dapat hidup berdampingan dan harmonis bahkan dengan orang biasa tanpa kemampuan pengendali.

Asami, Bolin, Korra, Mako, Tenzin, avatar korra, the legend of korra, avatar aang, the legend of aang
The New Avatar Story / Sumber
Avatar Aang telah memberikan banyak sumbangsih terhadap peradaban dunia selama ia hidup, namun waktu menghentikan langkahnya. Seperti halnya siklus pergantian musim, siklus Avatar juga memulai lembaran baru. Seorang putri dengan pengendalian air, bumi, dan api terlarih dari suku air selatan. Ia adalah Korra. Ia tidak ada hubungan darah dengan Avatar Aang, namun ia dekat dengan Katara (yang kini telah menjadi GrandGrand, dan satu-satunya tokoh dari zaman Avatar Aang yang masih hidup), Tenzin, Kaya, dan Bumi (Ketiganya merupakan anak Aang dan Katara). Meski telah mengetahui dirinya adalah Avatar, Korra masih harus belajar pengendalian udara dan dunia spiritual.

Amon, avatar korra, noahtock, the legend of korra, blood bender, water bender, republic city
Amon The Equalist / Sumber
Di tengah proses belajar pengendalian udara, seseorang misterius dan bertopeng muncul di Republic City dan mengampanyekan kesamaan (Equality). Kesamaan yang dimaksud ialah kemampuan pengendalian elemen harus dihapuskan dari dunia ini. Para Equalist yang merupakan penduduk Republic City tanpa kemampuan pengendalian mendukung gerakan pria yang dipanggil Amon tersebut. Korra tak lepas dari hujatan mereka.

Gerakan Amon tidak sekadar gertakan. Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya menghilangkan kemampuan pengendalian seseorang layaknya seorang avatar. Sosok misterius Amon dan kemampuan mengerikan tersebut semakin ditakuti oleh para pengendali elemen, termasuk Korra. Meski demikian, Mako, Bolin, dan Asami, para sahabat Korra yang membentuk Tim Avatar, terus mendukung perjuangan Korra dalam menghadapi Amon.

Satu per satu kenyataan tentang Amon mulai terungkap. Avatar Korra akhirnya menghadapi Amon dalam pertarungan langsung. Di tengah pertarungan, ia harus menerima kenyataan pahit. Amon berhasil menghilangkan kemampuannya mengendalikan Api, Bumi, dan Air. Kekasihnya, Mako, juga terancam kehilangan pengendalian apinya.

Itulah sekilas tentang cerita Avatar Korra yang merupakan lanjutan dari Avatar Aang The Last Airbender pada Book 1 atau season pertamanya. Munculnya avatar Korra menjadi angin segar bagi para penikmat animasi Avatar Aang sebelumnya. Banyak hal yang terjadi setelah Aang dewasa dan membangun Republic City terungkap dalam kisah Avatar The Legend of Korra. Beberapa hal yang terjadi dan belum terungkap dalam kisah Aang, akan diungkapkan dalam animasi ini.

Tidak seperti Avatar Aang yang membangun kisahnya melalui proses belajar mengendalikan keempat elemen dari Book 1 sampai Book 4. Avatar Korra akan menghadapi berbagai kisah berbeda dalam setiap book-nya. Hal ini karena Korra telah mampu mengendalikan keempat elemen sejak awal kisahnya. Sehingga, setiap book animasi ini akan terasa seperti avatar the movie.

Setelah Korra menghadapi Amon, dewan pemerintahan Republic City dibubarkan. Seorang presiden pun diangkat untuk memimpin Republic City. Kedamaian telah terbangun kembali, namun enam bulan kemudian sebuah bahaya datang dari suku air selatan, rumahnya sendiri. Yang akan ia hadapi di Book 2 ini lebih berbahaya dari Amon. Ia berhadapan dengan Roh (Spirits)!

The Legend of Korra, Avatar Korra, The Legend of Aang, Avatar, Nickelodeon, element bender, Dark Spirits, Avatar state
Korra melawan Dark Spirits / Sumber

Perpecahan di Tim Avatar mulai dapat kita lihat. Bolin yang sibuk dengan debutnya sebagai bintang film, Asami yang berjuang seorang diri agar perusahaan ayahnya dapat terus hidup, Mako yang sibuk dengan kegiatan kepolisiannya, dan keinginan Korra mempelajari tentang dunia Roh dan perdebatannya dengan Tenzin sebagai guru spiritualnya.

Pada book 2 ini kita akan lebih mengetahui bagaimana hubungan manusia dan dunia spiritual. Keduanya tak lepas pula menjadi penyebab bagaimana seorang avatar pertama, Avatar Wan, dapat mengendalikan keempat elemen.

Alkisah, layaknya Yin dan Yang, simbol keseimbangan antara cahaya dan kegelapan, kebaikan dan kejahatan, terdapat roh yang menjadi simbol dari hal tersebut. Raava merupakan Spirit of Light dan Vaatu merupakan Spirit of Darkness. Keduanya telah terikat dan bertarung selama bertahun-tahun. Namun Avatar Wan yang melihat perkelahian mereka malah membantu Vaatu melepaskan diri. Menyadari kesalahannya tersebut, Avatar Wan membentuk perjanjian dengan Raava agar dapat mengalahkan Vaatu. Ia dan Raava bersatu dan belajar mengendalikan keempat elemen.

avatar wan the first avatar, avatar korra, the legend of korra
Avatar Wan The First Avatar / Sumber
Avatar Wan akhirnya bertemu lagi dengan Vaatu dalam sebuah pertarungan sengit ketika Harmonic Convergence berlangsung. Harmonic Convergence merupakan titik di mana ketika kondisi matahari dan semua planet dalam tata surya berada dalam kondisi sejajar. Pada saat itu, Spirit World dan Material World saling terhubung. Pertarungan Vaatu dan Raava pun terjadi.

Bila Vaatu menang, maka dunia akan dalam kejahatan untuk sepuluh ribu tahun yang akan datang. Untuk mencegah hal itu, Avatar Wan meminta Raava untuk merasuki dirinya agar mampu mengendalikan keempat elemen dan mengalahkan Vaatu. Namun Raava memperingatkan, belum pernah ada manusia yang dapat bertahan lama dalam kondisi tersebut. Avatar Wan justru menjadi manusia pertama yang dapat melewati waktu tersebut. Raava kini telah bergabung dengan Avatar Wan. Itulah menjadi cikal-bakal Avatar State di mana kemampuan pengendalian elemen dan spiritual menjadi satu menghasilkan kekuatan yang luar biasa.

avatar korra, avatar wan, the first avatar, raava, vaatu
Avatar Wan and Raava vs Vaatu / Sumber

Sepertinya hanya itu yang dapat aku tuliskan dari kisah Avatar Korra di Book 2. Terlalu banyak hal seru di Book 2 dan sayang banget kalau kamu sudah tahu duluan terlalu banyak. Hehehe. Jadi tunggu apa lagi? Saksikan The Legend of Korra sekarang juga!

Butuh link download? Coba ke sini
Subtitle Indonesia loh! :D

P.S buat kamu yang sudah nonton, apa nih pendapat kamu tentang kisah Avatar Korra di Book 1 dan Book 2 ini? Feel free to leave your comment below~
How do we remove /? M=1 from Blogspot blog? The best answer.