Lagu-Lagu Lawas nan Legendaris dari Korea Selatan

Annyeonghaseyo~

Nah.. kali ini saya mau bahas mengenai lagu-lagu yang berasal dari negeri yang terkenal dengan ginsengnya, Korea Selatan. Namun bisa dibilang sudah lawas. Disebut sudah lawas karena sudah lewat beberapa tahun. Kali ini khusus korea dulu, nanti saya berencana bikin yang indonesia juga.. Hohoho..

Yuks mari..

1. JTL - My Lecon (2006)

Saya yakin lagu ini udah akrab banget ditelinga kita. Mungkin dari yang main Audition atau dari sumber-sumber lain. Iklannya juga ada :D. Saya kenal lagu ini dari teman saya. Awalnya saya hanya suka dengan jenis musiknya tanpa tau ini lagu dari mana dan apa bahasanya.

2. Seo Taji - Nan Arayo(I Know) (2008)

Nah kalo lagu ini saya taunya dari acara-acara tv di Korea Selatan. Hanya saja karena waktu itu saya bener-bener belum ngeh dengan tulisan dan bahasa korea jadinya saya butuh waktu untuk nemuin lagu ini. Saya baru tau lagu ini kira-kira setahun yang lalu. Sedangkan saya pernah dengar dari tahun 2008. Ah ya, waktu itu nonton video2 Big Bang di YT, terus nemu video yang mereka ada dance pake lagu ini. Terus dulu waktu masih kelas X saya jumpa acara TV korea selatan berjudul " Miraculous Victory " Episode ke 9 yang ada 2 personil Big Bangnya (Daesung dan G-Dragon) di YT.

3. Koyote - Soon Jung (2006)

Nah.. Koyote ini juga pemain lama dalam industri musik korea selatan. Meskipun lagu ini dari tahun 2006 tapi ini merupakan karyanya yang kesekian loh.. Saya nemu lagu ini dari acara " Miraculous Victory " juga. Lagu ini bener-bener bikin goyang kepala, kaki dan badan deh. Sekarang mungkin kabar tentang personil Koyote sudah tak terdengar lagi, dan mereka juga tak mengeluarkan lagu terbaru lagi, namun lagu2 mereka akan terus dikenang oleh penggemar2nya, dan masyarakat korea selatan sendiri.

4. DEUX - Turn Around and Look At Me (2006)

DEUX, begitulah namanya. Saya ga tau apa artinya. Namun saya sangat suka lagu mereka 1 ini. Lagu ini bergenre hip hop. Seandainya kualitas videonya bagus, kita dapat melihat dance lagu ini lebih jelas. Lagu ini dancenya keren banget. Saya pernah nonton acara TV korea selatan yang berjudul " INFINITE You're my Oppa " yang artinya "INFINITE, Kalian abang saya". Jadi di acara ini mengkisahkan INFINITE sebelum mereka debut di dunia musik. Sang manager mempersiap kan mental mereka kelak bagaimana jika punya fans cewek. Karena INFINITE sendiri selama persiapan debut selalu tinggal bersama sedangkan personilnya tidak ada seorang pun yang punya adik cewek. Dari pada memperlakukan cewek tersebut sebagai adik, saya lebih melihatnya sebagai seorang pacar.. Khukhu

5. Shinhwa - Perfect Man (2006)

Ini bisa masuk dalam lagu terbaik dan legendaris juga. Karena memang lagu ini bagus kan? Coba dengerin baik2. Nadanya tuh enak. Selain itu, artis2 muda yang berlahiran dizaman sekarang di korea selatan sana pun pada tahu lagu ini. Seperti TEEN TOP yang pernah membawakan lagu ini dalam masa awal debut mereka. Lihat ke TKP

6. Lee Moon Sae - Red sunset/Sunset glow (1988)

Inilah lagu legendaris yang saya jumpai dari korea, yakni dari tahun 1988!! Mengkisahkan tentang cinta sesorang yang begitu kuat. Rasa rindu yang mendalam dan menunggu datangnya kekasih dalam setiap senja. Lagu ini kemudian di recycle oleh Big Bang di tahun 2008 dengan nada yang lebih fresh,video berikutnya adalah yang sudah di recycle Big Bang..

7. Big Bang - Red Sunset/Sunset Glow (2008)

Nah ini lah lagu Red Sunset Lee Moon Sae yang telah di recycle Big Bang. Kangen juga sama Big Bang versi ini. Karena mereka sekarang udah beda banget stylenya.. :) Dan Red Sunset versi ini lebih asik didengar.. makanya aku suka.. :D

8. Lee Jae Won - I'm So Hot (2007)

Eng.. Saya kurang kenal dengan penyanyi nya tapi saya sangat kenal dengan lagunya. Masih sama bergenre hip hop, namun hip hopnya sudah dikembangkan jadi lebih asik untuk didengar telinga. Sejujurnya saya ga terlalu suka musik hip hop tapi musik2 hip hop korea selatan merubah haluan selera musik saya.

9. Moo Ga Dang - O A O (2007)

Ini juga hiphop. Tapi lebih ngajak kaki dan kepala bergoyang, hehehe. Sesuai dengan liriknya "Shake your Booty! Shake shake your booty!" yang kadang2 bisa terdengar "Shake you body(terdengarnya budi)" Hohoho.. ^^ Moo Ga Dang adalah grup yang unik karena kombinasi antara 2 rapper cowok dan 1 cewek cantik. Unik kan? Di zaman sekarang mana ada lagi..

10. Typhoon - Mi Casa Es Su Casa (2008)

Cari lagu ini di YT cukup susah. Yang keluar pada ga nyambung. Untung deh jumpa. Lagunya tuh asik dan unik banget. Kalo saya tak salah judulnya yang Mi Casa Es Su Casa adalah bahasa spanyol dengan arti "Rumah ku adalah Rumah mu". Jadi lagu ini menceritakan semacam suatu welcome pada orang-orang bahwa kita berada pada 1 langit 1 bumi, kalian diterima disini kapan saja. Anggap saja begitu hehe ^^ Penggabungan antara bahasa spanyol dan korea kedalam suatu lagu, ditambah lagi dengan banyaknya rap disana sini, saya acungkan 2 jempol untuk Typhoon. The best lah! Dengerin deh lagunya, sekali dengar ketagihan..

11. Hong Kyung Min - Comeback Comeback(dorawa dorawa) (2008)

Rap lagu satu ini keren. Ditambah lagi musiknya menggunakan biola. Ampun deh. Saya suka dengerin lagu ini juga sebelum tidur. Meski bergenre hiphop atau pun ada Rap nya entah kenapa lagu2 korea selatan sangat asik kalo dikombinasikan dengan alat2 musik klasik seperti piano, harpa, dan biola. Suatu warna musik yang belum pernah ada di Indonesia.

12. Jang Geun - Love Song (2008)

Lagu ini sukaaaaa banget!!!! Meski lagu ini lagu sedih namun dibawakan dengan tidak sedih tersedu-sedan. Sebenernya para penyanyinya adalah Jang Geun yang kolaborasi dengan rapper MC Mong. Waktu pertama dengar lagu ini saya kira yang nyanyi 1 orang loh.

Dan lagu terjadul dan terlegendaris jatuh kepada.... ENG ING ENG..

13. Kim Choo Ja - Nimeun Mon Gose (1969)

Khekhe.. penyanyinya jelas udah ga ada.. :D Saya iseng saja narok lagu ini. Tapi saya rasa lagu jadul indo sama korsel mirip ya.. sama-sama seakan sedih namun penuh dengan rasa perjuangan baik itu dijalan cinta maupun perang.. *halah. Yang jelas yang bakalan kenal dengan lagu ini saya rasa para emak2 atau nenek2 di korsel sana.. Hohoho ^^

Yak itu dia 13 lagu lawas dan legendaris dari korea selatan versi GazebloG-nya Hamadzi. Dari sini kelihatan jelas kan sejauh mana saya sudah melangkah untuk tau seluk beluk korea selatan? Dari lagu2nya, acara2 TVnya hingga penyanyi2nya.

FYI aja, lagu-lagu dari Koyote, DEUX, Shinhwa, Lee Jae Won, Moo Ga Dang, Typhoon, Hong Kyung Min, dan Jang Geun dapat ditemukan di playlist OnAir Online Indonesia, game online bergenre dance yang sering aku main kan itu loh.. Dan lagu2 tersebut favorit deh.. sering dimainkan..

Em.. saya mohon maaf ya bagi yang inetnya lemot pasti ga enak banget baca postingan ini. Selain tulisan kan isinya video semua. Bisa-bisa yang inetnya lemot cuman dapat menelan kata-kata saya yang mentah dan tak tentu arah ini. Tapi gimana ya? Susah juga kalo mau share tapi ga dari YT, pasti ada buffering kalo mau share video/lagu kan?

Nah.. Lagu lawas dan legend korsel sudah.. Tunggu yang Indonesia punya ya!
Kyeseyo~
How do we remove /? M=1 from Blogspot blog? The best answer.