Let's Play Digimon Battle Online


   Ini nih.. salah satu game online yang ada di laptop ku dan hot2nya ku mainkan saat liburan sekolah kemaren. Sangking hot nya saya sampe lupa pada blog. Nah sekarang akan ku hipnotis kalian untuk memainkannya juga.. Hohoho.. 

   Digimon Battle Online (DBO) adalah sebuah game MMORPG alias Massively Multiplayer Online Role Playing Game buatan korea selatan yang kini sudah muncul 3 versi, yaitu korea, internasional(english), dan china. Dengan bertemakan Digimon alias Digital Monster yang udah sangat populer, akhirnya game virtual onlinenya pun muncul. DBO menggunakan starter versi digimon season 3. yakni Takato, Henry, dan Rika beserta 3 starter digimon mereka, yaitu Guilmon, Renamon dan Terriermon. Kita dapat mengkombinasikan antara tamer yang disuka dengan digimon semau kita.

   Awalnya memang kita hanya bisa menggunakan 1 digimon saja, namun setelah mencapai level 11 dimana digimon kita telah mencapai Rookie stage kita bisa menangkap 4 digimon lagi. Kapasitasnya bisa bertambah dengan menambahkan digimon slot, namun kita harus membelinya dengan mata uang game, WeCash, yang dapat dibeli menggunakan transfer sejumlah uang dengan menggunakan satuan currency internasional, dollar.

   Kita hanya bisa menangkap digimon dalam fase In-Training stage. In-Training stage itu dari level 1-10, ketika si digimon dalam bentuk seperti bayi yang sudah menetas dari digi-egg beberapa hari. Kita harus melatih digimon kita menjadi lebih kuat agar gampang menghadapi musuh dan menyelesaikan Quest yang ada. Sayangnya saat kita sudah mencapai level 30an akan sangat terasa bahwa Experince Point (EXP) yang digimon kita dapatkan dari melawan digimon lain terasa sangat sedikit.

   Kita harus pandai-pandai bersosialisasi dalam game ini. Karena dijamin ga bakal bisa jadi Pro kalo kita main game ini sendirian aja. Namanya juga online game. Tenang saja, orang-orang Indonesia banyak juga kok yang main game ini. ada yang masih SD, bahkan yang udah kuliah. Game ini tidak seperti Point Blank atau game sejenisnya yang menampakkan adegan kekerasan berdarah-darah. Sehingga memang cocok untuk dimainkan siapa saja. Mengingat sekarang game itu berpengaruh besar terutama pada jiwa seorang anak. Pernah denger ga seorang anak patah leher gara-gara dibanting kawan nya untuk nyoba-nyoba main smackdown-smackdown-an? Nanti kalo main game bunuh-bunuhan, si anak yang masih belum tau apa-apa itu mungkin akan membunuh temannya sendiri bila tanpa pengawasan. Ckckckck..

   Game ini sebenarnya sangat mudah diikuti. Kalian tidak akan kehilangan arah dalam game ini. Bahkan kalo bingung dengan sesuatu kalian bisa Shout / Whisper / Guild / General / Party chat dengan temen-temen yang lain. Fasilatas Shout chat di DBO sangat sering digunakan untuk berdagang dan perang mulut. Ya.. Itu benar. Bosen saya melihatnya. Kadang saya non-aktifkan saja. Tapi meski kesel kadang ada gunanya juga loh. Barang-barang di DBO bisa dijual. Lebih tepatnya di Trade. Tapi kalo barang ditukar uang berarti sama dengan dijual kan?

   Sebelum lanjut, aku jelasin sedikit dulu tentang fasilitas chat dalam game ini ya.. Shout chat itu digunakan untuk chat yang dapat dilihat semua orang. Dalam kotak chat akan berwarna hijau. Kalo ada yang jumpa warna merah, ungu, atau biru itu adalah Shout yang menggunakan Megaphone. Shout dengan Megaphone membuat shout kita lebih tahan lama untuk dibaca. Kalo coba main game ini, kalian akan mengerti maksudku. Hehehe..

   Whisper, kayaknya ga perlu dijelasin ya? Sama seperti game lainnya, ini mirip private chat. Jadi hanya antara kita dengan orang yang kita ajak chat saja yang tau pembicaraan kita. Di kotak chat akan tampil dalam warna biru keabu-abuan. Untuk Whisper kita bisa klik kanan pada nama yang ada di kotak Chat atau klik kanan pada tamer yang dijumpai lalu pilih Whisper. Cara lainnya bisa dengan mengganti jenis chat kita ke whisper lalu mengetikkan namanya di kotak tujuan atau dari friend list jika sudah jadi friend klik namanya lalu klik Whisper.

   Guild chat itu semacam chat dalam forum. Jadi kita punya suatu komuniti(grup). Dimanapun anggota grup kita berada kita bisa chat dengan mereka. Chat menggunakan guild akan dapat dilihat oleh semua anggota guild. Untuk membuat guild kita harus ke seorang NPC di Digital Admin Beaurau di Real World.

   General chat bisa disamakan dengan Shout namun orang-orang yang dapat melihat chat kita hanyalah yang masih satu map dengan kita. Akan tampak dalam tulisan warna putih. Apa yang kita katakan akan muncul diatas kepala loh.. hahaha.. General bisa digunakan untuk chat, berdagang(kalo di MudFrigimon Village), maupun untuk penyampaian pengumuman

   Party Chat merupakan fasilitas yang lumayan unik. Pertama, apa yang dimaksud party disini? Kita dapat meminta tamer lain maupun ikut tamer lain dalam sebuah party. Saat nanti kita melawan seekor digimon maka semua anggota party akan ikut melawannya. Kapasitasnya 5 orang kalo ga salah. Party sangat berguna dalam mengalahkan digimon-digimon berlevel tinggi. Meski nanti EXPnya dibagi kesemua anggota tapi ini cara aman untuk mencegah kematian. Karena digimon yang mati akan mengalami pengurangan EXP, selain itu kalo yang mati bukan partner digimon, ia tidak dapat otomatis hidup kembali, dibutuhkan item Resurraction atau dengan me-Rivive-nya di Digimon Center. Party chat hanya dapat dilihat oleh seluruh anggota party dan akan muncul dalam tulisan berwarna biru terang. Kalo kita party dengan seseorang, saat menampilkan mini map(tekan Z) maka kita dapat mengetahui posisi orang-orang yang se-party dengan kita. Posisi mereka akan ditandai dengan warna Pink. Yang dapat merekrut anggota party baru hanyalah si Ketua party dan dia jugalah yang bisa ngajak kelahi digimon lain. Party juga bisa digunakan dalam PvP. Orang-orang yang se-party dengan kita tidak mesti selalu berada di dekat kita. Asalkan masih dalam 1 map yang sama.

   Jangan kaget melihat pasar DBO. Orang-orang Pro banyak memegang kuasa, dari penetapan harga hingga memberikan saran pada GM untuk event-event tertentu. GM nya sering main juga loh, sering ngajak kelahi malah. Bisa dibilang barang-barang disini mahal-mahal. Istilah ribu dan juta paling sering dipake. dan digunakan simbol K atau M, misalnya 500K = 500 ribu, 3M = 3 juta. Ada barang yang bisa ditawar, ada yang bisa menipu kita juga. Pokoknya pandai-pandai lah berdagang disini..

   DBO ada fasilitas PvP dan Battle zone sekarang. PvP itu untuk kita bertanding dengan tamer lain saat berada di digital world maupun real world. Kalo Battle zone, nanti kita dikumpulkan per room, bisa 1vs1 hingga 5vs5. Ada aturan main bagi beberapa tamer bahwa mengeluarkan digimon tambahan dianggap cupu or Noob. Sangat banyak aturan tak tertulis dalam game ini. Namun enjoy-enjoy sajalah maininnya. Ini kan cuman game, Why so seriuos?

   Pegel juga saya ngolah otak nyusun kata-kata dan ngetik ini itu. Untuk Info, Full Guide, Client Download, Forum/FAQ, Shop, etc. tentang game ini langsung saja lihat disini.

Nah sekarang kita lihat-lihat yuk game ini..

Game ini selalu update event-eventnya
Klik game start setelah selesai patching
Tampilan awal setelah loading..
Pilih salah satu server

Login deh.. kalo mau register langsung aja kesini
1 ID bisa punya 4 tamer, klik 2 kali pada tamer yang ingin dimainkan
Tampilan setelah memilih tamer. Ini saat aku di MudFrigimon Village
Secara otomatis dimana tempat kita logout disitulah tempat kita akan muncul

Ayo lihat beberapa tab. Ada Tamer status(kiri) dan digimon status(kanan)
Tekan T untuk Tamer status dan D untuk digimon status
Cara penggunaan jendela2 itu akan di ajarkan pada tutorial game saat kita pertama kali main
Ada Digimon List(kiri), Game option(tengah) dan Inventory(kanan)
1 ruang kosong di digimon list itu bekas Veemon yang ku ceritakan kemaren disini
Inventorynya kemaren penuh terus aku sortir yang ga perlu jadinya ompong gitu deh
Untuk menampilkan peta besar tekan W
terdapat 2 peta, yaitu real world dan digital world
Tempat saya berada dan seterusnya adalah di digital world

Untuk mengetahui letak dan posisi yang masih satu tempat dengan kita, gunakan mini map
agar mini map lebih jelas, tekan Z
Titik coklat adalah portal, biru adalah NPC, tanda seru adalah Quest
 dan yang merah adalah posisi kita
MudFrigimon Village adalah tempat paling aktif, mirip Jakarta lah
Semua tamer baik yang basih beginner hingga pro ngumpul disini
Untuk new tamer agar dapat kemari dibutuhkan MudFrigimon Village Card
Cara dapatinnya dengan menyelesaikan Quest dari Calumon di Real world
Sering dijadikan tempat transaksi penjualan, biasanya sih Card Shop dipilih jadi meeting pointnya
Banyak kan digimonnya? Masih banyak lagi loh..
Oh ya, di butuhkan aura(yang terang2 disekitar tamer) agar digimon muncul dalam wujud digivolutionnya
Nah sekarang liat-liat digimon ku yuk..
Ng.. ada 1 tapi yang ga ke sorot, yaitu si Renamon, soalnya dia levelnya masih rendah..

Digivolutionnya patamon
Sebenarnya perubahan terakhir itu adalah Seraphimon
tapi dengan menggunakan card digivolution aku bisa dapetin Shadow Seraphimon
Lebih keren deh pokoknya
Skill 1 Shadow Seraphimon

Skill 2 Shadow Seraphimon
Sekarang di Gekomon Village, dan Salamon jadi Partner ku
Cukup klik kanan pada digimon yang diinginkan saat membuka digimon list
untuk menjadikannya partner digimon
Dengan catatan digimon tersebut sudah mencapai Rookie Stage
Salamon digivolution
Nah kali ini lagi di Time Village dengan Palmon sebagai partner ku
Untuk berjalan cukup klik dan tahan pada arah yang diinginkan
Mirip game mmorpg lainnya lah
Palmon digivolution
karena palmon dan salamon masih level 41 jadi baru punya 1 skill
Sekilas info aja..
Semua digimon akan mengalami digivolution setiap mencapai level :
1. Level 11 : Dari In-Training menjadi Rookie
2. Level 21 : Dari Rookie menjadi Champion
3. Level 31 : Dari Champion menjadi Ultimate
4. Level 41 : Dari Ultimate jadi Mega

   Meski demikian ada beberapa digimon yang tidak memiliki Mega stage. Setiap digimon punya 3 jenis Attack yaitu Fisikal attack (tekan F1 sebagai shortcut), Skill 1(F2) dan Skill 2 (F3). Skill 1 dipelajari digimon secara otomatis setiap mencapai level digivolutionnya (Level 11, 21, 31, 41) sedangkan Skill 2 akan dipelajari oleh digimon secara otomatis setiap mencapai level 16, 26, 36, dan 46. Biasanya skill 2 adalah skill terbaik untuk mengalahkan musuh. Beberapa digimon dapat mengenai 5 musuh sekaligus dalam 1 serangan. Strategi penggunaan serangan ikut berperan dalam menentukan kemenangan.

   Beberapa digimon memiliki card digivolution, armor digivolution, maupun special digivolution, dan seperti yang pernah saya ceritakan disini, Veemon adalah digimon dengan armor digimon terbanyak ditambah lagi bisa juga mengalami card digivolution. Untuk digivolution menggunakan item seperti dalam armor, card, dan special digivolution maka dibutuhkan sebuah item bantu yang disebut evolutor. WeMade si developer DBO memang cerdik. Evolutor ini pun dijual dengan WeCash. Jadi kita harus beli WeCash mereka. Rasanya berat banget deh main game ini kalo harus keluar duit beneran. Tenang saja, Evolutor ada juga yang jual dengan BIT(satuan uang dalam game) meskipun harganya tinggi. Lagi-lagi game ini mengasah otak dagang kita ya.. Duit mulu.. Jangan kaget kalo jumpa tamer yang punya duit 60M dikoceknya. Memang yang Pro itu rata-rata kaya raya.

   Tidak berhenti berkreasi, kini developer korea sudah meluncurkan 1 game bergenre sama yaitu Digimon Master Online (DMO). sayangnya game ini masih hanya versi korea saja. Selain terkendala di bahasa, temen-temen gamers pasti pada tau apa yang ngeselin dari game korea, yaitu registrasinya yang membutuhkan KSSN (Korean Social Security Number) sejenis KTP kalo di Indonesia. Meski nyatanya di forum banyak yang mengumbar dapat memberikan KSSN, sampai sekarang aku belum dapat. Hiks..

   Aku dah download dan dah install gamenya tapi ga bisa main karena belum register, tepatnya tidak bisa register. Game ini sedikit beda dengan DBO karena memainkannya langsung, ga pake giliran serang kayak DBO dengan grafis yang 3D. DMO menggunakan latar cerita Digimon Savers. Sayang aku ga bisa mengulas lebih banyak tentang game ini, karena nyobain login aja belom pernah, gimana mau kasih info?

Sekian dulu deh promosi ku tentang DBO.. Akan ku promosikan game-game kesukaan ku lainnya yang ada di laptop di lain waktu.. Untuk melihat trailer DBO maupun DMO seilahkan langsung saja klik tab Video diatas. Akan nampak perbedaan kedua game ini.
See ya~
How do we remove /? M=1 from Blogspot blog? The best answer.