LATIHAN ADLIBS, BRIDGING, REQUEST BY SMS DI DJ ARIE SCHOOL

Latihan Adlibs, Bridging, Request by SMS di DJ ARIE SCHOOL AdrianHazmi.com




Assalamualaikum, lovely people!

Sejak awal September lalu Alhamdulillah aku berkesempatan belajar DJ ARIE SCHOOL. Mulai dari 
belajar siaran radio, bicara di depan umum, teknik presentasi, interview artis, hingga nanti belajar MC formal dan informal. Siaran radio menjadi salah satu materi favorit aku nih. Makanya aku mau share sedikit cerita dan progres aku belajar di DJ ARIE SCHOOL. Hitung-hitung jadi kenangan dan buah tangan dari program ini ^^

DJ ARIE SCHOOL sangat menekankan pada praktik. Jadi selain materi dan kamu mempraktikan materi tersebut di kelas, kamu juga dapat mengikuti program/kelas tambahan: Miss and Trial (MT). Nah di MT ini kamu mengasah dan memperlancar praktik materi yang telah dipelajari. Soalnya, pasti banget nih, pas praktik di kelas biasa kamu pasti belum lancar. Nah di MT inilah kamu memperlancarnya. Kamu di kasih waktu 1 jam, khusus buat kamu, sendirian, setiap minggu. Kadang aku merasa kurang sih waktu segitu. Tapi lebih baik daripada nggak sama sekali hehehe.

Untuk materi radio nih semuanya ada program MT-nya. Mulai dari opening, adlibs (iklan yang dibacakan penyiar), bahas topik, bridging (menyambungkan 2 topik atau antara topik dan iklan), siaran duet, sampai request on air via telepon dan sms. Terakhir kali aku MT, Kamis lalu, tentang membahas topik. Tapi aku kurang puas dengan hasilnya hehehe. Jadi aku share yang memuaskan saja ya ^^v

ADLIBS (3 Oktober 2016)
Seperti yang ku bilang sebelumnya, Adlibs ini iklan yang dibacakan/disampaikan oleh penyiar. Ada template iklan yang telah disediakan nih sama Mas Arie, bentuknya ada yang skrip lengkap sampai titik komanya. ada juga yang sekadar poin-poin penting yang harus disampaikan. Jadi si penyiarnya yang harus improvisasi dalam menyampaikan. Nah, iklan Fame Station ini adalah yang pointer, makanya agak blepotan ya? hahaha..

BRIDGING ( 17 Oktober 2016)

Apa itu Bridging?

Bridging adalah menyambungkan antara suatu topik dengan suatu topik yang lain secara mulus, tidak terkesan loncat topik. Misalnya, ngomongin lagu yang baru diputer berjudul Hujan dengan kondisi cuaca saat siaran, kemudian dengan tips menjaga kesehatan saat hujan. Kalau memungkinkan, juga disambungkan dengan iklan atau lagu berikutnya yang akan diputar. 

Kak Dimas Putra ], penyiar RASE FM Bandung sekaligus tutor materi Bridging saya ini membuat saya tertegun dengan kelihaiannya melakukan bridging.  Kak Dimas menjelaskan bahwa sebenarnya kita sering kali melakukan bridging tanpa sadar dalam percakapan sehari-hari. Satu tips nih dari Kak Dimas untuk mengasah Bridging bisa dengan cara pas di jalan kamu lihat satu toko/tempat coba ngomong sendiri (bisa dalam hati) terus nanti pas kamu lewat tempat atau toko yang lain, coba di-bridging dari materi kamu tentang toko yang sebelumnya ke toko yang baru. Jadi latihannya bisa di mana aja dan kapan aja. 

Misalnya nih, kamu lagi di jalan lihat ada SPBU Pertamina: Hai, Insan Muda (sapaan pendengarnya bebas), dalam rangka menyambut 17 Agustusan nih Pertamina lagi ngadain promo menarik. Bagi kamu yang hafal teks proklamasi, kamu bisa dapat potongan harga hingga 25% per liter. Hemat banget kan? Kamu jadi bisa jalan-jalan sama pacar, teman, atau keluarga kamu lebih jauh. Yuk dihafalin teks proklamasinya!

Terus ketemu kantor BPJS, misalnya: Selain itu karena lebih hemat, kamu jadi bisa lebih peduli sama kesehatan dan keselamatan kerja kamu Insan Muda (Bridging). Soalnya BPJS ketenaga kerjaan dan BPJS kesehatan penting banget loh buat kamu yang sudah bekerja. Blablabla.. dan seterusnya.. (Berdasarkan pengalaman latihan sendiri, mungkin materinya ga akurat, yang penting otaknya terlatih untuk improvisasi dan bridging hehehe)

REQUEST BY SMS (24 Oktober 2016)
Kalau kata pengajar materi ini, Kak [ Tubagus Akmal ], penyiar MGT Radio, request via sms adalah program tergampang di radio manapun. Karena dalam pelaksanaannya, penyiar bisa milih SMS mana yang mau dibacain dan lagu mana yang mau diputer ketika lagu/iklan sedang on air. Tipsnya nih dari Kak Tubagus adalah belajar baca sms yang disingkat-singkat dan agak alay, apalagi untuk radio yang pendengarnya anak muda. Plus, perlu banget penyiar tahu penyebutan nama penyanyi dan judul lagu, soalnya kadang ada pendengar yang cuma tahu judulnya aja atau malah penulisan smsnya kurang jelas.

Nah sekarang aku tinggal 2 kali MT lagi nih. MT paling akhir menggabungkan semua materi siaran radio yang telah dipelajari. Opening - Bahas Topik - Adlibs - Baca Request - Bridging - Closing. Udah kayak siaran beneran deh. Pastinya perlu perlu persiapan. Soalnya menurutku, MT terakhir ini juga bisa jadi ajang latihan menjadi produser program radio. Ya kan? Soalnya ada bikin skrip topik dan adlibs. Bismillah, semoga hasilnya memuaskan biar bisa di-share juga di sini yaa.. Aamiiin..

Gimana sample latihan siaranku? Pernah siaran radio juga? Cerita dan komentari dikit yaa ^^
How do we remove /? M=1 from Blogspot blog? The best answer.